Mengenal Botani Farmasi dengan Kuliah Lapangan di Kebun Raya Cibodas





GARUT, 25 Juni 2024- Fakultas Matematika dan IPA Universitas Garut telah melaksanakan kuliah lapangan untuk memenuhi mata kuliah Botani Farmasi pada Kamis, 20 Juni 2024 dengan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Farmasi Angkatan 2023 dengan dosen pengampu mata kuliah Botani Farmasi, diantaranya apt. Faizah Min Fadhlillah, M.Farm, Isye Martiani, M.S.Farm dan Noviyanti, M.Si. Program ini merupakan implementasi dari kegiatan kampus merdeka pada program praktisi mengajar dimana bapak Muhammad Efendi, M.Si dan ibu Risha Amilia Pratiwi, M.Si merupakan praktisi yang bekerja sebagai peneliti di BRIN Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Botani Farmasi merupakan ilmu yang berfokus pada pemanfaatan tanaman sebagai sumber bahan baku untuk pembuatan obat-obatan dengan elemen terpentingnya disebut simplisia. Simplisia merupakan bahan alamiah yang berasal dari tanaman, hewan atau mineral dan digunakan untuk pengobatan tradisional. Melalui kuliah lapangan ini mahasiswa dapat mempelajari tanaman obat secara langsung dari habitat aslinya sehingga dapat meningkatkan kompetensinya dalam mata kuliah Botani Farmasi.

Kebun Raya Cibodas memiliki keanekaragaman hayati termasuk tumbuhan obat-obatan yang dapat dimanfaatkan dalam bidang farmasi. Tujuan dari kegiatan ini, yaitu (1) Mahasiswa dapat mengidentifikasi tumbuhan obat yang memiliki potensi sebagai simplisia (2) Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam dan karakteristik morfologi serta anatomi dari simplisia (3) Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami pemanfaatan simplisia di bidang farmasi.

Adanya kuliah lapangan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami bahwa pelestarian lingkungan alam dan konservasi tumbuhan obat-obatan sangat penting untuk dilakukan karena tanaman obat-obatan tersebut memiliki potensi besar dalam pengembangan produk farmasi.



Whatsapp Linkedin